Para petani di wilayah kabupaten Bandung, Menerima bantuan dari Polda Jabar

Bogor Terkini

(Kamis,01/04/21) — Program bakti sosial Polri peduli terhadap ketahanan pangan nasional bagi para petani di wilayah Kabupaten Bandung telah dilaksanakan oleh Direktur Intelkam Polda Jawa Barat. Program ini ditunjukkan demi meningkatkan hasil produksi dan kualitas pertanian di wilayah kabupaten Bandung ditengah pandemi Covid-19.

Direktur Intelkam Polda Jawa Barat yang diwakili oleh AKBP Hunter Spionater, S.IK selaku Kasubdit Ekonomi memberikan sejumlah bantuan berupa pupuk organik cair (POC), pestisida organik jenis HTR, dan mepas, Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan ) maupun Kelompok Tani ( Poktan ) di Wilayah Kec.Solokan jeruk, Kec. Majalaya dan Kec. Ibun Kab. Bandung.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kec. Majalaya Sdri. Titi Hadiningsih, S.T, dalam sambutannya mengungkapkan, ditengah masa pandemi Covid-19 pengelolaan hasil produk pertanian di wilayah kabupaten Baandung khususnya di kecamatan Majalaya terbilang cukup baik, dan diharapkan dengan adanya bantuan dari Direktur Intelkam Polda Jawa Barat dapat membantu masyarakat petani untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia seperti yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

“Kami sangat berterimakasih kepada Polda Jabar atas bantuan ini, Alhamdulillah di masa pandemi ini pengelolaan produk kami terbilang cukup baik, dan saya harap dengan adanya bantuan ini dapat menekan penggunaan pupuk kimia, saya harap dengan bantuan ini hasi produksi para petani akan meningkat” Ujarnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan pupuk kimia saat ini juga bisa dikatakan cukup penting mengingat hasil produksi petani tidak akan maksimal bila pengaplikasian pupuk hanya menggunakan pupuk organik. Akan tetapi penggunaan pupuk kimia oleh para petani saat ini juga terbilang berlebihan, dengan adanya bantuan pupuk organik ini diharapkan para petani bisa mengurangi jumlah pemakaian pupuk kimia.

“Penggunaan pupuk kimia saat ini sangat berlebihan, tapi kami juga tidak menyangkal bahwa penggunaan pupuk kimia juga diperlukan karna bila menggunakan pupuk organik saja tentu hasil tidak akan maksimal, saya kira tinggal mensiasati jumlah takarannya saja, kita maksimalkan pupuk organik ini dan saya harap bisa mengurangi jumlah pemakaian pupuk kimia” Ujar Agi Sujana selaku perwakilan penyuluh pertanian kecamatan Ibun.

AKBP Hunter Spionater, S.IK selaku Kasubdit Ekonomi Polda Jawa Barat, mengharapkan kegiatan bakti sosial ini dapat bermanfaat khususnya bagi para petani dan juga dapat meningkatkan produksi pertanian padi maupun komiditas lainya di wilayah Kab. Bandung.

“Semoga yang dilaksanakan dalam kegiatan saat ini bisa bermanfaat dan meningkatkan produksi pertanian padi maupun komiditas lainya di wilayah Kab. Bandung, saya harap para petani dapat memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin dan dapat mengurangi beban para petani ditengah pandemi Covid-19 saat ini” Ujarnya.

Ditengah situasi pandemi Covid-19, diharapkan dengan adanya bantuan pupuk organik dari Direktur Intelkam Polda Jawa Barat dapat membantu para petani khususnya para petani di kabupaten Bandung dalam meningkatkan kualitas produk tani yang dihasilkan, program bantuan bagi masyarakat tani ini merupakan bentuk dukungan Polda Jawa Barat dalam mendukung ketahanan pangan nasional di masa pandemi Covid-19.

Ridwan – BDG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *