Dit Itelkam Polda Jawa Barat bersama Gapoktan & Poktan Kab. Cirebon Mendukung Ketahanan Pangan Nasional Ditengah Pandemi Covid-19

Dit Itelkam Polda Jawa Barat bersama Gapoktan & Poktan Kab. Cirebon Mendukung Ketahanan Pangan Nasional Ditengah Pandemi Covid-19

Bogortoday.com (Jum’at, 05/03/21) — Program pemberian pupuk organik cair (POC) bagi petani telah digulirkan oleh Direktur Intelkam Polda Jawa Barat. Program ini ditunjukkan demi meningkatkan hasil produksi dan kualitas pertanian di wilayah kabupaten cirebon.

Direktur Intelkam Polda Jawa Barat yang diwakili oleh Kasubdit Ekonomi memberikan sejumlah bantuan berupa pupuk organik cair (POC), pestisida organik, dan mepas, pada sejumlah kelompak tani di kecamatan Panguragan – Kapetakan, Desa Panguragan Weta, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Kordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kabupaten Cirebon, Sudarma, A.Md mengungkapkan, ditengah masa pandemi Covid-19 pengelolaan hasil produk pertanian di wilayah kabupaten Cirebon terbilang cukup baik, dan diharapkan dengan adanya bantuan dari Direktur Intelkam Polda Jawa Barat dapat membantu masyarakat petani untuk menekan biaya produksi sehingga pendapatan masyarakat petani dapat meningkat.

“Alhamdulillah di masa pandemi ini pengelolaan produk kami terbilang cukup baik, dan saya harap dengan adanya bantuan ini dapat menekan biaya produksi yang selama ini cenderung naik, saya harap dengan bantuan ini pendapatan para petani akan meningkat”Ujarnya.

Tidak maksimalnya produk hasil tani yang dihasilkan tidak hanya berdampak dari Covid-19 saja, melainkan juga

Bahrudin, selaku perwakilan dari kelompok tani Panguragan – Kapetakan, Desa Panguragan Weta, Kabupaten Cirebon menuturkan, Selain dampak covid -19 yang mengakibatkan produk hasil tani yang kurang maksimal, faktor cuaca juga menjadi penentu kualitas produk hasil tani yang dihasilkan, curah hujan yang tinggi pada bulan februari berdampak pada kurang maksimalnya kualitas produk yang dihasilkan oleh para petani.

“Kami tidak hanya kesulitan akibat dampak covid-19 sekarang ini, curah hujan yang terus meningkat di bulan februari juga berdampak pada kualitas produk yang kami hasilkan, dimana akibat dampak tersebut produk kami bisa dibilang menjadi kurang maksimal” Ujarnya.

Ditengah situasi pandemi Covid-19 ini, diharapkan dengan adanya bantuan pupuk organik dari Direktur Intelkan Polda Jawa Barat ini dapat membantu para petani khususnya para petani di kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kualitas produk tani yang dihasilkan, program bantuan bagi masyarakat tani ini merupakan bentuk dukungan Polda Jawa Barat dalam mendukung ketahanan pangan nasional di masa pandemi Covid-19.

 

Ridwan – BDG

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *